Selasa, 26 Februari 2013

PERKENALAN PERPUSTAKAAN MAN 2 BANJARNEGARA


-->

 Halo sobat semua....untuk mengawali blog perpustakaan MAN 2 ini, kami ingin berkenalan dan sekalian memberi tahu ada fasilitas apa saja yang terdapat di perpustakaan MAN 2 Banjarnegara.
Pernah dengar tidak ada sebuah ungkapan yang berbunyi “Harta akan habis digunakan tanpa ilmu, tapi ilmu akan berkembang bila digunakan. Ada juga ungkapan lain yaitu “Dengan bertakwa kita mulia, dengan berbagi kita berarti, dengan belajar kita pintar, dengan membaca kita mengerti”, ungkapan itu artinya kita memang harus banyak membaca guna menambah pengetahuan kita, dengan membaca kita dapat paham dan tahu apa pun yang belum kita ketahui. Nah....makanya mulai sekarang mari kita perbanyak baca untuk menambah wawasan kita, membacanya tidak usah jauh-jauh, langsung saja pergi ke Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara. Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara sekarang sudah tambah keren dan fasilitasnya juga sudah tambah lengkap. Letak perpustakaan sekarang ada di lantai atas dan memiliki satu ruangan yang cukup luas, Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara ruangannya selalu bersih karena menggunakan sistem lepas alas kaki alias lepas sepatu bila masuk ruangan.
Satu ruangan yang cukup luas digunakan untuk pembelajaran, di ruang ini juga telah disediakan karpet untuk alas duduk dan disediakan juga TV guna mempermudah guru dalam kegiatan belajar mengajar siswa. Ruang untuk baca siswa yang dilengkapi dengan meja dan kursi tergabung dengan ruang media pembelajaran, selain itu di ruangan ini juga digunakan untuk menyimpan buku-buku referensi, artinya buku tersebut boleh dibaca siswa namun tidak boleh dipinjam oleh siswa. Kepala perpustakaan MAN 2 Banjarnegara juga memiliki
koleksi buku pribadi loh, siswa juga dapat pinjam langsung dengan kepala perpustakaan.
Selain ruangan yang sudah lengkap dalam hal pelayanan siswa juga sudah oke loh....!!!
Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara dibuka hari senin sampai kamis pada pukul 07.00-13.45, untuk hari Jum'at 07.00-12.00, dan hari sabtu sama dengan hari senin. Ruang pelayanan siswa atau ruang petugas perpustakaan pada ruang utama dekat pintu masuk siswa, siswa dapat dilayani dengan kegiatan meminjam buku, mengembalikan buku, serta memperpanjang waktu dalam peminjaman buku, selain itu siswa juga dapat minta surat keterangan bebas pustaka bagi kelas tiga yang telah lulus, keterangan bebas pustaka itu adalah salah satu syarat untuk pengambilan ijasah. Untuk mengoptimalkan layanan Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara dilengkapi dengan fasilitas OPAC (Online Public Access Catalog). OPAC adalah sarana untuk mencari informasi mengenai koleksi yang ada di Perpustakaan dengan menggunakan komputer, cara penggunaanya siswa dapat langsung menulis judul buku dan pengarang yang dicari, maka siswa akan langsung mendapat data bahwa buku tersebut ada atau tidak. Bagi pegawai perpustakaan juga sudah menggunakan pelayanan automasi jadi sudah tidak lagi manual dan aktivitas pinjam meminjam buku dapat dengan cepat tanpa lama antri. Fasilitas lain juga telah disediakan satu unit komputer untuk siswa mencari data buku yang ingin dipinjam dan ingin tahu berapa buku yang telah dipinjam, dan yang paling penting komputer siswa digunakan untuk absensi pengunjung perpus sehingga bisa dideteksi kelas mana dan siapa saja yang aktif mengunjungi perpustakaan, hebat kan, seperti dedektif conan....?
Di Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara ada hal yang menarik tentang peraturan dalam peminjaman bahan pustaka yaitu jumlah denda buku yang dipinjam beserta sangsi untuk siswa yang terlambat mengembalikan buku dan yang menghilangkan buku. bagi siswa yang terlambat mengembalikan buku satu harinya dikenai denda sebesar Rp 100,00/hari dan bagi siswa yang menghilangkan buku maka dendanya dengan membeli buku yang sama. Selain peraturan untuk siswa, juga ada peraturan untuk Guru dan karyawan MAN 2 Banjarnegara, dan tentu saja peraturannya berbeda, jika guru terlambat mengembalikan buku maka dikenai denda sebesar Rp 500,00/harinya, tetapi jika guru meminjam buku paket pelajaran ketentuannya tidak dikenai denda, jangka waktunya satu tahun. Siswa masuk MAN 2 Banjarnegara sudah langsung otomatis terdaftar menjadi anggota Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara. Masa pinjam buku ada berbagai macam waktu peminjamannya, ada yang buku dipinjam selama 7 hari,berupa buku umum dan sastra, ada yang buku dipinjamkan satu tahun berupa buku paket pelajaran, dan ada juga buku pinjaman sementara yang berupa buku paket untuk kelas.
Koleksi buku di Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara sangat banyak. Ada buku umum, ada buku sastra dan ada buku pelajaran serta kamus. Buku-buku umum meliputi banyak judul yang hubungannya dengan bidang pertanian, remaja, pendidikan, karya tulis, biografi dan lain-lain, sedangkan buku sastra terdapat banyak koleksi novel-novel yang terbaru, seperti Novel negeri 5 menara, Bumi Cinta, Sang Pencerah, Delisa dan Burlian dan masih banyak lagi loh.... Buku pelajaran juga sudah lengkap dari jurusan IPA maupun IPS serta Agama. Selain itu juga terdapat kamus-kamus seperti kamus Bahasa Inggris-Indonesia, kamus Indonesia-Inggris, kamus Geografi, kamus Bahasa Arab, kamus Kimia dan kamus Indonesia ada juga buku ensiklopedia guna referensi pembaca, untuk membantu dalam pembuatan karya ilmiah. Bagi yang kurang suka membaca, ada buku khusus yang lebih ringan untuk dibaca, sehingga yang tadinya tidak suka membaca maka dengan belajar membaca buku di Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara dengan isi buku yang ringan, mungkin lama-lama akan sedikit suka membaca. Nah bagi kalian yang belum pernah mengunjungi Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara yang baru dan masih penasaran dengan penjelasan yang di atas, ayo buktikan sendiri dan nikmati fasilitas yang tersedia di Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara, kalian akan merasakan nyaman dan betah bila berada di dalamnya. Mari budayakan membaca dimulai dengan mengunjungi Perpustakaan MAN 2 Banjarnegara.
Hari selasa, 26-02-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar